lmn
Laporan yang berjudul : Analisis Pelaksanaan Akrediatsi Sekolah di SMK Bakti Nusantara 666
Disusun Oleh : Lela Qodariah
NIM : 1162060059
Program : (S1)
Progarm Studi : Pendidikan Biologi
LAPORAN
HASIL ANALISIS PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH SMK BAKTI NUSANTARA 666
Diajukan sebagai Salah Syarat Tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan
Diajukan sebagai Salah Syarat Tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan
Dosen Pengampu :
Dr. Ara Hidayat M.Pd
di susun oleh :
Lela Qodariah 1162060059
PROGRAN STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LAPORAN OBSERVASI
Laporan yang berjudul : Analisis Pelaksanaan Akrediatsi Sekolah di SMK Bakti Nusantara 666
Disusun Oleh : Lela Qodariah
NIM : 1162060059
Program : (S1)
Progarm Studi : Pendidikan Biologi
Bandung, Mei 2017
Menyetujui,
Kepala TU
SMK Bakti Nusantara 666 S
Rifqi Supriyanto, A.P
Kepala sekolah SMK Bakti Nusantara 666
Deni Danis Suara S.T.,M.Kom
Dosen Pengampu
Dr. Ara Hidayat M.Pd
NIP.196307041988011001
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Yang mana karena
rahmat dan karunia-Nya penulis diberikan kesehatansehingga dapat
menyelesaikan tugas laporan hasil analisi sekolah dengan obyek observasi
SMK Bakti Nusantara 666
Solawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjunan
alam yakni nabi Muhammad SAW. Penulis mengucapkan termakasih kepada
kepala TU SMK Bakti Nusantara 666 yang telah membantu
pelaksanaanobservasi.
Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
pengelolaan pendidikan. Semoga makalah ini bermanfaat khusunya bagi
penyusun umumnya bagi pembaca
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh
karena itu, kritik dan saran yang dapat membangun dalam perbaikan
laporan ini sangat kami harapkan. Terimakasih
Penulis
Bandung, Mei 2017
BAB II
A. Simpulan
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………...........…..i
KATA PENGANTAR ………………………………………………….……...........….ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………....……..............iii
BAB I. PENDAHULUAN ……………………………………………....……..............1
A. Latar Belakang …………………………………………………………...……..1
B. Tujuan …………………………………………………………….…….............1
C. Waktu Penelitian ………………………………………………….……..............2
D. Narasumber ……………………………………………………...….….............2
BAB II. LANDASAN TEORI …………………………………………….…................3
BAB III. METODELOGI ……………………………………………………................6
A. Instrumen………………………………………………………………..............6
B. Prosedur …………………………………………………………...…...............6
BAB IV. PEMBAHASAN ……………………………………………...........………...7
A. Historis SMK Bakti Nusantara 666 ……………………………………..............7
B. Pelaksanaan Akreditasi di SMK Bakti Nusantara 666 …………….…...…...........9
C. Hasil Akreditasi SMK Bakti Nusantara 666 ………………………......................9
D. Pengaruh Akreditasi ………………………………………………..…...............11
BAB IV. PENUTUP …………………………………………………………..............12
BAB V. DAFTAR PUSTAKA ……………………………………..……….………....13
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu upaya meningkatkan mutu lulusan dan kualitas pendidikan
menegah yang dilakukan Menteri Pendidikan Nasional adalah mengeluarkan
keputusan No. 087/U/2002 tentang Akreditasi Sekolah. Keputusan tersebut
kemudian diperkuat dengan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, yang kemudian dijabarkan dalam PP No. 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang lahir kemudian. Keputusan
Mendiknas di atas dengan tegas menunjuk seluruh sekolah agar
diakreditasi, baik sekolah negeri maupun swasta. Hal ini merupakan
kemajuan yang luar biasa karena sebelumnya Ditjen Dikdasmen melalui
keputusan Dirjen No. 020/C/Kep/1/1983 menyebutkan akreditasi hanya
diberlakukan untuk sekolah swasta.
Dengan adanya proses akreditasi tersebut, akuntabilitas lembaga
penyelenggara pendidikan pada jenjang pendidikan menegah dapat diketahui
dari peringkat akreditasi yang dimiliki sekolah. Hal ini sesuai dengan
ayat 2 Pasal 60 UU No. 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa akreditasi
terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan pemerintah dan/lembaga
mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik.
Peringkat akreditasi akan menujukan kualitas sekolah sehingga
masyarakat dapat mengetahui dan menerima pelayanan publik dalam bidang
pendidikan dengan layak. Peringkat akreditasi harus sesuai dengan
kualitas sekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian pelaksanaan
akreditasi sekolah di SMK Bakti Nusantara 666 yang telah mendapatkan
akreditasi A.
B. Tujuan
-Mendeskripsikan pelaksanaan akreditasi sekolah SMK Bakti Nusantara 666
-Mendeskripsikan hasil akreditasi sekolah SMK Bakti Nusantara 666
C. Waktu penelitian
Tempat : SMK Bakti nusantara 666
Hari/Tangal : Jum’at, 19 Mei 2017
Pukul : 13.30 WIB
D. Narasumber
Nama : Rifqi Suprianto, A.P
Jabatan : Kepala TU SMK Bakti nusantara 666
BAB II
LANDASAN TEORI
Akreditasi adalah penilaian (assesmen) untuk menentukan
kelayakan dan kinerja sekolah. sekolah secara sistematis dan
komprehensif melalui kegiatan evaluasi eksternal (visitasi) untuk
menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Maksud dari adanya akreditasi
sekolah adalah agar penyelenggaraan pada semua lingkup mengacu pada
standar nasional.pelaksanaan akreditasi sekolah ini berdasarkan UU No.
20/2003 tentang SISDIKNAS dan peraturan pemerintah no. 29 tahun 2005. (
Ara, 2012, 168)
Ara (2012, 168) juga menyebutkan bahwa fungsi akreditasi adalah (a)
untuk akuntabilitas yaitu sebagai pertanggung jawaban sekolah atas
pelayanan pendidikan yang telah diberikan apakah telah sesuai dengan
standar pendidikan nasional. (b) pengetahuan yaitu sebagai informasi
kepada masyarakat bagaimana kelayakan dan kinerja sekolah dilihat dari
berbagai unsur yang terkait, mengacu pada baku, kualitas yang
dikembangkan dari indicator-indikator amalan baik sekolah. (c) pembinaan
dan pengembangan, yaitu sebagai dasar sekolah untuk meningkatkan mutu
dan kualitas pendidikan.
Prinsip Akreditasi sekolah dilaksanakan berdasarkan prinsip kejujuran,
keterbukaan, keadilan, keunggulan mutu, profesionalisme,
obyektifitas, dan akuntabilitas.
Dalam penilaian akreditasi mengacu pada standar pendidikan nasional. Terdapat delapan standar diantaranya:
1. Standar isi (Permendiknas Nomor. 22/2006)
Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dastruktur kurikulum,
beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender
pendidikan.
2. Standar proses (Permendiknas Nomor. 41/2007)
Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran,
pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan
pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran
yang efektif dan efesien.
3. Standar kompetensi lulusan (Permendiknas Nomor. 23/2006)
Standar kompetensi lulusan digunakan pedoman penilaian dalam
menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Standar
kompetensi lulusan meliputi standar kompetensi lulusan minimal
satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal
kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata
pelajaran.
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan (Permendiknas No.13/2007)
Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai
agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan
untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
5. Standar sarana dan prasarana (Permendiknas Nomor. 24/2007)
Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi lahan,
ruang kelas, ruang pimpinan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang
perpustakaan, ruang laboratorium, ruang kantin, tempat beribadah,
lapangan olahraga, dan ruang atau tempat lain yang diperlukan
untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan
berkelanjutan.
6. Standar pengelolaan (Permendiknas Nomor. 19/2007)
Tterdiri atas: perencanaan dan program, pelaksanaan rencana kerja,
pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan kepala sekolah/madrasah,
sistem informasi manajemen, dan penilaian khusus.
7. Standar pembiayaan (Permendiknas Nomor 69/2009)
Pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi, dan
biaya personal. Biaya investasi satuan pendidikan meliputi biaya
penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan
modal kerja tetap. Biaya personal meliputi biaya pendidikan yang harus
dikeluarkan oleh peserta ddik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran
secara teratur dan berkelanjutan. Biaya operasi satuan pendidikan
meliputi: Gaji pendidikan dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan
yang melekat pada gaji, bahan atau peralatan pendidik habis pakai, dan
biaya operasi pendidikan tak langsung
8. Standar penilaian pendidikan (Permendiknas Nomor. 20/2007)
Terdiri atas: penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil
belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh
pemerintah.
.
METODOLOGI
A. Instrumen Penelitian
Untuk mencari informasi tentang pelaksanaan akreditasi sekolah
SMK Bakti Nusantara 666 kami mendatangi sekolah dan melakukan wawancara.
Dalam waawancara ini kami penulis hanya melibatkan kepala TU SMK Bakti
Nusantara 666.
B. Prosedur Penelitian
- menentukan sekolah yang akan diobservasi, kami memilih sekolah SMK Bakti Nusantara 666 dikarenakan sudah terakreditasi A
- membuat surat izin observasi dari Fakultas
- mengunjungi sekolah, meminta izin kepada TU dan diiznkan
- melakukan wawancara dengan Kepala TU SMK Bakti Nusantara 666
BAB IV
PEMBAHASAN
Dalam wawancara kami memberikan beberapa pertannyaan diantaranya:
1. Bagaimana historis tentang sekolah SMK Bakti Nusantara 666
2. Bagaimana pelaksanaan akreditasi di sekolah SMK Bakti Nusantara 666
3. Berapa nilai yang didapatkan dari hasil akreditasi mengenai komponen-komponen penilaian akreditasi, diantaranya:
4. Apa pengaruh yang didapatkan atau dirasakan setelah dilakukannya akreditasi
A. Historis SMK Bakti Nusantara 666
Sejarah Nama SMK Bakti Nusantara 666
SMK Bakti Nusantara 666 merupakan sekolah kejuruan swasta yang
didirikan pada tahun 2007 oleh bapak H. Nandang A.T seorang wirausaha
namun memiliki cita-cita untuk mendirikan sekolah.
Terlaksananya pembangunan SMK Bakti Nusantara berawal dari kisah H.
Nandang melakukan rukun islam yang kelima pada tahun 2006-2007 bersama
rombongan haji KBIH Al-Manar. Beliau menetap bersama H. Dedi Muldedi,
S.Pd di Sieb Amier Mahtab/ Kamar 666. Karena di kamar 666 inilah
rombongan menetap, keduanya duduk bersama saling bercengkrama
mengutarakan pengalaman masa lalu masing-masing. Dalam percakapan inilah
H. Nandang mengutarakan cita-citanya mendirikan sekolah.
Dengan
pengalaman H.Dedi Muldedi, S.Pd di bidang pendidikan yang dimulai
dengan bertani dan berdagang sampai menjadi Kepala Sekolah Dasar di
Kecamatan Rancaekek juga sebagai penggagas & pendiri sekolah SMP
Pasundan Rancaekek, tepatnya 30 Januari 2007 do’a yang pernah terlontar
di Kamar 666 di ridhoi Alloh SWT maka berkumpulah dua keluarga besar
tokoh penggagas utama dengan menghasilkan Nama Yayasan “Yayasan
Pendidikan Dasar danMenengah (YPDM) Bakti Nusantara 666” yang memilki
makna:
-Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah, Artinya
Yayasan ini nantinya bergerak dalam bidang Pendidikan mulai dari
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bahkan sampai Perguruan Tinggi.
-Bakti, artinya sebuah pengabdian mulia (asal kata Babakti)
-Nusantara, artinya Negara Kesatuan Indonesia Tercinta sebagai satu kesatuan utuh dari Sabang sampai Merauke
Visi dan Misi Sekolah SMK Bakti Nusantara 666
Sekolah SMK Bakti Nusantara 666 mempunyai visi dan misi sebagai berikut:
Visi:
Menjadi
lembaga pendidikan dan pelatihan yang bermutu,dan berwawasan
internasional dengan lulusan yang mantap dalam imtaq, unggul dalam
iptek, berprestasi, serta siap bersaing dalam menghadapi tantangan
global
Misi :
- Menghasilkan tamatan yang memiliki ketaqwaan yang tinggi kepada Tuhan yang maha esa, dan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap keharmonisan lingkungan
- Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi tinggi, mampu bersaing di pasar tenaga kerja nasional dan internasional
- Menghasilkan tamatan yang mampu memenuhi tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk mengembangkan dirinya
- Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang teknologi bagi masyarakat
SMK Bakti Nusantara 666 juga memiliki beberapa jurusan diantaranya
- Rekayasa perangkat lunak, berdiri tahun 2007
- Animasi, berdiri tahun 2010
- Disain komunikasi visual, berdiri tahun 2010
- Administrasi, berdiri tahun 2015
- Masing-masing jurusan mempunyai empat kelas.
C. Pelaksanaan Akreditasi di SMK Bakti Nusantara 666
Dalam pelaksanaan akreditasi SMK Bakti Nusantara 666 sudah melakukan
pengakreditasian sebanyak dua kali, yaitu tahun 2010 dan 2013.
- 2010 jurusan yang diakreditasi yaitu rekayasa perangkat lunak
- 2013 jurusan yang diakreditasi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak Disain Komunikasi Visual dan Animasi
3. Hasil penilaian akreditasi
Setelah dilakukan visitasi maka akan ditetapkan hasil akreditasi yang
selanjutnya penerbitan sertifikat dan laporan akreditasi. Adapun rentang
nilai akreditasi sekolah yaitu :
-86 < nilai < 100 = Peringkat A (Amat Baik)
-71 < nilai < 85 = Peringkat B (Baik)
-56 < nilai < 70 = Peringkat C (Cukup)
Sebagaimana peraturan pemerintah bahwa akreditasi sekolah mengacu pada
standar pendidikan nasional maka berikut adalah hasil akreditasi yang
didapatkan oleh setiap jurusan berdasarkan standar pendidikan nasional
tersebut diantaranya:
Hasil akreditasi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak
Komponen Nilai
Standar Isi 100
Standar Proses 94
Standar Kompetensi Lulusan 90
Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan 93
Standar Sarana Dan Prasarana 93
Standar Pengelolaan 96
Standar Pembiayaan 80
Standar Penilaian Pendidikan 97
Nilai akhir 93
Dengan nilai akhir 93 maka jurusan rekayasa perangkat lunak mendapatkan peringkat A
Hasil akreditasi jurusan Disain Komunikasi Visual
Komponen Nilai
Standar Isi 100
Standar Proses 96
Standar Kompetensi Lulusan 90
Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan 85
Standar Sarana Dan Prasarana 94
Standar Pengelolaan 94
Standar Pembiayaan 80
Standar Penilaian Pendidikan 97
Nilai akhir 92
Dengan nilai akhir 92 maka jurusan rekayasa perangkat lunak mendapatkan peringkat A
Hasil akreditasi jurusan Animasi
Komponen Nilai
Standar Isi 100
Standar Proses 95
Standar Kompetensi Lulusan 90
Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan 85
Standar Sarana Dan Prasarana 94
Standar Pengelolaan 95
Standar Pembiayaan 80
Standar Penilaian Pendidikan 97
Nilai akhir 92
Dengan nilai akhir 92 maka jurusan rekayasa perangkat lunak mendapatkan peringkat A
Adapun jurusan administrasi dengan status belum terakreditasi
dikarenakan jurusan ini baru didirikan sehingga belum memenuhi
persyaratan akreditasi yaitu belum mempunyai lulusan/ belum mengeluarkan
lulusan. Saat ini jurusan administrasi baru mempunyai dua tingkatan
kelas yaitu kelas IX dan XI .
D. Pengaruh hasil Akreditasi
Hasil akreditasi dapat berpengaruh kepada sekolah. Pengaruh yang
didapatkan oleh sekolah SMK Bakti Nusantara 666 yaitu bertambahnya
jumlah peserta didik, dan kehadiran donator pemberian untuk beasiswa
bagi siswa berprestasi. Oleh karena itu, sekolah membatasi jumlah
penerimaan siswa. Saat ini jumlah total siswa mencapai 1090 orang.
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Akreditasi adalah penilaian (assesmen) untuk menentukan kelayakan dan
kinerja sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan
evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja
sekolah.
Pelaksanaan akreditasi di SMK Bakti Nusantara pertama dilaksanakan pada
tahun 2010 pada jurusan rekayasa perangkat lunak kemudian dilaksanakan
akreditasi kembali pada tahun 2013 pada jurusan animasi dan disain
komunikasi visual.
Hasil yang didapatkan oleh setiap jurusan setelah dilakukan akreditasi
adalah A dengan skor yang berbeda yaitu 93, 92 dan 92. Adapun jurusan
administrasi statusnya belum terakreditasi dikarenakan baru berdiri
sehingga belum memenuhi syarat akreditasi
B. Saran
Dengan peringkat A yang menyatakan bahwa sekolah telah sangat baik
memberikan pelayanan pendidikan, diharapkan sekolah SMK Bakti Nusantara
666 dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan kepada
mayarakat
Bagi para pembaca, diharapkan laporan ini dapat memotivasi untuk ikut
serta dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia
BAB V. DAFTAR PUSTAKA
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Tersedia di [http://bansm.or.id/konten/tentang-bansm]
(28 mei 2017, 12.07 WIB)
Hidayat, Ara, and Imam Machali. "Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola
sekolah dan madrasah." Yogyakarta: Kaukaba (2012).
[http://digilib.uinsby.ac.id/10109/5/bab 2.pdf] (29 Mei 2017, 06.10 WIB)
Sudrajat, Ahmad.2008.Konsep Akreditasi Sekolah. Tersedia di [https://akhmadsudrajat.wordpress.com
/2008/02/03/akreditasi-sekolah/] (29mei 2017, 05.05 WIB)
Supriyanto, dkk.Pengelolaan Akreditasi Sekolah. Tersedia di [http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora
/article/download/862/581] (28 Mei 2017, 12.11 WIB)
Wiguna, Krisna Jaya.2016.akreditasi sekolah. Tersedia di [https://www.scribd.com/doc/173805579
/Akreditasi-sekolah-pdf] (28 Mei 2017, 12.27 WIB)
www.lelaqodariah.blogspot.com/laporan+pelaksanaan akreditasi/
BAB V. DAFTAR PUSTAKA
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Tersedia di [http://bansm.or.id/konten/tentang-bansm]
(28 mei 2017, 12.07 WIB)
Hidayat, Ara, and Imam Machali. "Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola
sekolah dan madrasah." Yogyakarta: Kaukaba (2012).
[http://digilib.uinsby.ac.id/10109/5/bab 2.pdf] (29 Mei 2017, 06.10 WIB)
Sudrajat, Ahmad.2008.Konsep Akreditasi Sekolah. Tersedia di [https://akhmadsudrajat.wordpress.com
/2008/02/03/akreditasi-sekolah/] (29mei 2017, 05.05 WIB)
Supriyanto, dkk.Pengelolaan Akreditasi Sekolah. Tersedia di [http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora
/article/download/862/581] (28 Mei 2017, 12.11 WIB)
Wiguna, Krisna Jaya.2016.akreditasi sekolah. Tersedia di [https://www.scribd.com/doc/173805579
/Akreditasi-sekolah-pdf] (28 Mei 2017, 12.27 WIB)
www.lelaqodariah.blogspot.com/laporan+pelaksanaan akreditasi/
1xbet korean online sports betting - Korean betting
BalasHapus1xbet korean online sports febcasino betting. One septcasino of 1xbet the top sports betting sites in Korea. One of the most popular casino brands in the industry.
Aussie casino site - luckyclub.live
BalasHapusFind out how to join luckyclub.live the Australian online casino. If you're looking for some great online casino that will offer some excellent bonuses, they've
Best Hotels in Vegas (NV) - Mapyro
BalasHapusThe Best Hotels 진주 출장샵 in Vegas (NV). 서울특별 출장샵 Mapyro Las Vegas places you 김포 출장마사지 within 6 miles (8 km) of each other. The majority of hotels in 광주광역 출장안마 Las 포천 출장안마 Vegas have air and ground